Toto Sugiarto


Makan yang banyak supaya sehat

Makan yang banyak, biar sehat ... pernah dengar kalimat seperti itu saat masih kecil? saya yakin bukan cuma saya yang pernah mendengar kalimat seperti itu, parahnya lagi, kalimat-kalimat menjerumuskan seperti ini sering terlontar oleh orang yang "notabene" bagian terdekat dari kehidupan kita (Orang tua, saudara, teman).

Tentu saja perkataan semacam ini tidak bisa dibenarkan begitu saja, Pernah suatu ketika, ibu saya sedang memasak sayur sop, karena saya sendiri tergolong sebagai orang yang anti-vegetables, maka pada saat jam makan siang saya hanya mengambil setengah piring nasi dan ayam goreng untuk menu makan siang saya, kemudian ibu saya nyeletuk, makan sayur yang banyak biar sehat!

Lalu? dimana kesalahannya? bukankah makan sayur itu memang menyehatkan? ... he he he, tunggu dulu, sayur memang menyehatkan karena kandungan vitaminnya sangat diperlukan oleh tubuh kita, tapi bagaimana proses memasak sayur itu sendiri? menyehatkan atau tidak? sesuai anjuran ahli gizi atau tidak.

Sedikit catatan saja, vitamin c akan rusak pada suhu 40 derajat celcius, bagaimana dengan vitamin yang lainnya? kurang lebih sama lah ... coba kita umpamakan, jika vitamin akan rusak saat dimasak dengan suhu tinggi (coba perhatikan pola memasak kamu saat didapur, apakah saat memasak sayur "sebut saja sayur sop" kamu menggunakan pengatur suhu?) sehingga bisa melihat setinggi apa suhu yang kamu gunakan untuk memasak sayur sop?

Kalau kamu tidak menggunakan pengatur suhu, gimana mungkin kamu bisa mengatakan bahwa sayur yang kamu masak itu sehat? apakah kamu menggunakan tangan kamu untuk mengukur suhu kompor? bukankah sebagian vitamin akan rusak saat dimasak pada suhu 40 derajat celcius?

Lalu? gimana dengan sayuran yang dijual diwarung? bukankah kurang lebih sama? sayur bening yang kamu beli, sayur sop yang kamu beli, pecel yang kamu beli? siapa yang menjamin masih memiliki kandungan vitamin? bukankah itu berarti sama saja kamu hanya memakan "AMPAS SAYURAN".

Saat ini, pengatur suhu sudah bisa didapatkan dipasaran dengan harga murah, kalau kalian adalah tipe orang yang sangat memperhatikan kualitas gizi untuk keluarga kalian, lebih baik kalian menggunakan pengatur suhu saat memasak, sedangkan bagi pemalas seperti saya? memakan sayuran mentah atau setengah matang merupakan pilihan terbaik, jadi ... Makanlah yang banyak supaya sehat :D

Label:

Ditulis oleh Unknown #12.19