Toto Sugiarto


Yakin Masih Mau Pakai Smartfren ?

Mobile-8/Fren adalah sebuah operator selular yang berdiri sejak Bulan Desember Tahun 2002, operator tersebut telah memiliki sekitar 465 BTS yang telah mendukung CDMA 1x/EVDO di Jawa dan sekitarnya, lalu pada Tahun-tahun selanjutnya Mobile-8 melakukan ekspansi ke Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi.

Namun akibat krisis finansial dan penurunan penjualan produk, maka Perusahaan ini diakuisisi oleh Sinar Mas Group dengan menggunakan nama PT Smart Telecom Tbk pada bulan November 2011, Smartfren merupakan operator Telekomunikasi pertama di dunia yang menyediakan layanan CDMA EV-DO Rev. B bersama Qualcomm sebagai penyedia infrastruktur dan operator CDMA pertama yang menyediakan layanan Blackberry.

Jasa dan layanan Smartfren memiliki nilai-nilai yaitu sebagai mitra yang terbaik bagi pelanggan dengan menawarkan solusi yang cerdas dalam layanan-layanan telekomunikasi untuk meningkatkan pengalaman hidup pelanggan dalam berkomunikasi -- BULLSHIT.

Smartfren mulai menuai kontroversi akibat leletnya jaringan, banyak pengguna layanan Smartfren mengeluh akan leletnya koneksi internet dari operator seluler tersebut. Bahkan fanspage mereka di Facebook juga menuai kecaman, komentar, serta pertanyaan seputar lemotnya koneksi internet mereka, tidak seperti layanan yang ditawarkan Smartfren kepada para pelanggan.

Permasalahan Koneksi Smartfren yang sering dikeluhkan antara lain:

* Paket dan harga sering berubah
* Banyak situs-situs luar yang sulit diakses
* Koneksi sering idle alias 0.00 (Kbps)
* Jaringan yang lelet
* Fup yang dirasa sangat merugikan

FUP (Fair Usage Policy) yang dirasa merugikan 

Sebetulnya hal ini tergantung pada kebutuhan anda masing-masing. Karena tiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda dalam memilih paket internet yang disediakan, mungkin sebagian ada yang beruntung dengan aturan ini, namun jika anda memiliki hobi download, sudah pasti anda merasa dirugikan.

Contoh gampang aja deh: ketika Smartfren masih benar-benar memberikan True Unlimited, anda memakai paket Premium yang seharga Rp.90.000. saat itu anda bisa puas merasakan download lebih dari 10 GB. Namun setelah berlakunya aturan FUP ini, itu semua tinggal menjadi kenangan ... sebagai pelanggan, mau tak mau anda harus menerima. Itupun jika anda masih ingin pakai Smartfren, Jika anda  merasa dirugikan, pindah Provider merupakan keputusan terbaik! Entah strategi bisnis macam apa yang sedang dijalankan oleh Smartfren.

Pada awalnya mereka menawarkan sebuah tawaran yang menggiurkan, True Unlimited, setelah pelanggannya mulai banyak, mulai digunakan FUP Perhari dan sekarang Perbulan. Menurut saya, Smartfren telah menyebabkan kerugian konsumen yang berarti telah melanggar UU RI No. 8 Th 1999 yang mengatur tentang perlindungan konsumen, antara lain:

Pasal 4 - Dimana sebagai konsumen, hak anda adalah:
  1. hak atas kenyamanan, keamanan, dan keselamatan dalam mengkonsumsi barang dan/atau jasa.
  2. hak untuk memilih barang dan/atau jasa serta mendapatkan barang dan/atau jasa tersebut sesuai dengan nilai tukar dan kondisi serta jaminan yang dijanjikan.
  3. hak atas informasi yang benar, jelas, dan jujur mengenai kondisi dan jaminan barang dan/atau jasa.
Pasal 12 - Pelaku usaha dilarang menawarkan, mempromosikan atau mengiklankan suatu barang dan/atau jasa dengan harga atau tarif khusus dalam waktu dan jumlah tertentu, jika pelaku usaha tersebut tidak bermaksud untuk melaksanakannya sesuai dengan waktu dan jumlah yang ditawarkan, dipromosikan, atau diiklankan.

Pasal 13 - Pelaku usaha dilarang menawarkan, mempromosikan, atau mengiklankan suatu barang dan/atau jasa dengan cara menjanjikan pemberian hadiah berupa barang dan/atau jasa lain secara cuma-cuma dengan maksud tidak memberikannya atau memberikan tidak sebagaimana yang dijanjikannya.

Label:

Ditulis oleh Toto Sugiarto #13.47